Telp : (0370) 623375

Kakanmenag Himbau KUA Berinovasi dan Berlari Cepat

Mataram_Inmas, Kakanmenag Kota Mataram HM Amin menekankan pentingnya disiplin dan peningkatan kinerja ASN di KUA. Ini tidak terlepas karena KUA sebagai ujung tombak pelayanan kepada masyarakat. Baik buruk citra Kementerian Agama tidak bisa dipisahkan dari baik buruknya penilaian masyarakat terhadap pelayanan di KUA. Pernyataan tersebut disampaikan Kakanmenag pada kegiatan Pembinaan dan Sosialisasi Perubahan Jabatan Fungsional Umum ke Jabatan Pelaksana di KUA Kecamatan Sandubaya (03/06).

Kakanmenag juga meminta agar KUA melengkapi data-data keagamaan di wilayah Sandubaya yang nantinya akan diinput pada aplikasi seperi Simpenais dan sebagainya. Pentingnya melengkapi data-data keagamaan karena salah satunya akan dipergunakan sebagai acuan kebijakan penyusunan angaran Kementerian Agama ke depan.

“Dana operasional KUA se-Kota Mataram hanya 700 ribu, sangat sedikit dibandingkan dengan KUA di daerah lain. Ini karena kurangnya kesadaran kita terhadap data sehingga hanya mendapatkan sedikit saja, hanya data pernikahan saja yang lengkap. Kami minta tolong data yang lain untuk kita lengkapi,” demikian Kakanmenag.

HM Amin juga menyampaikan bahwa dua bulan ke depan, yakni bulan Juni dan Juli KUA melengkapi data sesuai format yang akan diberikan dan selanjutnya pada bulan Agustus akan dipresentasikan di Kemenag Kota Mataram.

Ia pun menaruh harapan besar bagi KUA di Kota Mataram agar berinovasi dalam meningkatkan layanannya kepada masyarakat karena bagaimanapun juga KUA di wilayah Kota Mataram sebagai barometer KUA lain di Nusa Tengara Barat. Kakanmenag menganalogikan apa yang disampaikan Menteri Agama pada saat launching revitalisasi KUA di Banjarnegara, bahwa siapa kita harus berlari cepat dan siapa yang tidak bisa berlari cepat maka keluar dari barisan.

Selanjutnya, dengan adanya revitalisasi KUA nantinya pada setiap KUA harus ada lorong atu ruang moderasi beragama yang salah satu fungsinya adalah sebagai tempat dialog antar umat beragama. “Jadi KUA bukan hanya untuk umat islam saja tapi merangkul seluruh umat beragama,” tutupnya. (utt)

share:

Tinggalkan Komentar Anda

Berita Lainnya